Pekerja film Indonesia kembalikan 33 Piala Citra

Saya pribadi belum menyelidiki lebih lanjut, tapi baru beberapa menit yang lalu saya menonton Showbiz News di Metro TV yang menampilkan Mira Lesmana, Shanty Harmayin(?) dan satu lagi pria yang sayangnya saya tidak tangkap namanya, mereka mewakili sekelompok Pekerja Film Indonesia mengadakan konferensi pers dimana mereka berencana mengembalikan 33 buah Piala Citra yang pernah mereka peroleh kepada Pemerintahan (bukan kepada panitia FFI), sebagai protes atas buruknya perhatian pemerintah terhadap perkembangan (seni sekaligus industri) sinematografi di Indonesia.

Mereka juga sempat menyebutkan bahwa mereka juga meminta perbaikan terhadap Undang Undang no. 8 tahun 1993 (?) mengenai Perfilman Indonesia. Dan Showbiz News dalam kesempatan yang sama juga mengadakan dua telewicara. Pertama dengan Nia Dinata yang sedang berada di luar negeri (Bangkok kalau tidak salah ingat) yang turut menandatangani petisi yang akan diberikan bersama 33 Piala Citra yang akan dikembalikan, namun Nia menyebutkan bahwa meski demikian ia pesimis pemerintah dapat melakukan perbaikan signifikan dengan mengingat banyaknya masalah negara yang lain (politik, ekonomi, sosial) yang belum terselesaikan. Dan kedua dengan Pak Shanker dari Indika Entertainment yang, walau ia secara prinsip setuju bahwa Pemerintah harus memberi perhatian lebih kepada industri perfilman nasional, namun tidak ikut menanda-tangani petisi karena merasa cara protes tersebut agak kurang elegan.

Kalau saya tidak salah disebutkan bahwa pengembalian Piala Citra akan dilaksanakan Senin depan.

Harap diingat bahwa artikel blog ini saya buat murni dari ingatan, setelah saya menonton kurang lebih lima menit terakhir acara Showbiz News hari ini. Perbaikan dan keterangan lebih lanjut mengenai aksi pengembalian Piala Citra ini akan saya posting di sini atau di artikel-artikel selanjutnya.

update 7:17 PM 1/3/2007 : untuk memfasilitasi diskusi seputar aksi pengembalian ini, saya memulai sebuah thread di Kaskus. Dan tampaknya ada pula yang telah memulai topik yang sama di Sinema-Indonesia.com.

update 8:47 AM 1/4/2007 : Kompas tadi pagi telah mengulasnya di artikel, "Mereka Mengembalikan Piala Citra". Dan tampaknya sejak kemarin Indosinema.com pun telah memuat dua berita, "Piala Citra FFI 2004-2006 Dikembalikan" dan "Masyarkat Film Indonesia Gelar Pernyataan Sikap Atas FFI".

update 10:51 AM 1/4/2007 : Daftar pernyataan Masyarakat Film Indonesia dan Keunggulan 'Ekskul' Versi Juri dari DetikHot

update 1:30 AM 3/11/2007 : Pakde Totot memberi opini soal gonjang-ganjing piala citra. Artikel ini adalah versi "uncensored" dari sebuah artikel yang ditulis Pakde untuk Kompas Minggu tanggal 14 Januari 2007, halaman 28 (SENI) (koq baru sekarang ya nongol di Google Blog Search; halaah telad dua bulan ^_^")

Comments

Popular posts from this blog

Yang kampungan tuh siapa?

Marlboro Red Rush "Kembali ke UUD '45"